• Breaking News

    pembahasaan tentang tips kesehatan dan bergam cara diet, penyakit atupun hal - hal yang berkaitan dengan kesehatan dan cara hidup sehat

    Sunday 17 July 2016

    Penyebab Dan Gejala Kista Ovarium

    Penyebab Dan Gejala Kista Ovarium



    TIPS SEHAST - Kista adalah kantung berisi cairan yang dapat terbentuk di ovarium. Kista sangat sering terjadi pada wanita yang masih berusia reproduksi (masih aktif haid dan dapat melahirkan anak). 

    Ovarium (indung telur) adalah dua organ kecil yang terletak di kedua sisi rahim dalam tubuh wanita. Ovarium memproduksi hormon, termasuk estrogen, yang memicu menstruasi. Setiap bulan, ovarium melepaskan telur kecil. Telur berjalan ke tuba falopii (saluran tuba) untuk berpotensi dibuahi. Siklus telur ini disebut ovulasi. 

    Ada beberapa jenis kista ovarium. Yang paling umum adalah kista fungsional. Kista ini terbentuk selama ovulasi. Pembentukan kista ini terjadi ketika salah satu telur tidak dilepaskan atau kantung folikel (pembungkus telur) tidak larut setelah telur dilepaskan (padahal setelah telur dilepaskan dari ovarium, folikel ini seharusnya larut). 

    Jenis kista meliputi: 

    ovarium polikistik. Dalam sindrom ovarium polikistik (PCOS), folikel di mana telur biasanya matang gagal untuk membuka dan akhirnya terbentuklah kista dari folikel tersebut. 

    Pada wanita dengan endometriosis, jaringan dari lapisan rahim tumbuh di daerah lain dari tubuh (bukan di dalam rahim), yaitu dapat tumbuh di ovarium juga (dalam hal ekstrim dapat tumbuh di selaput jantung dan paru). Hal ini dapat sangat menyakitkan dan dapat mempengaruhi kesuburan. 

    Kista ini terbentuk dari sel-sel pada permukaan ovarium. Kistadenoma sering berisi cairan. 

    kista dermoid. Jenis kista mengandung jaringan mirip dengan yang di bagian lain dari tubuh. Itu termasuk kulit, rambut, dan gigi. 

    penyebab tumaoer ovarium 

    Tumor dapat terbentuk di ovarium, seperti mereka membentuk di bagian lain dari tubuh. Jika tumor non-kanker, mereka dikatakan jinak. Jika mereka bersifat kanker, mereka disebut ganas. Ketiga jenis tumor ovarium adalah: 

    tumor sel epitel mulai dari sel-sel pada permukaan ovarium. Ini adalah jenis yang paling umum dari tumor ovarium. 

    tumor sel germinal di sel-sel yang menghasilkan telur. Mereka juga bisa jinak atau ganas. Kebanyakan jinak. 

    tumor stroma berasal dari sel-sel yang memproduksi hormon-hormon wanita. 

    dentifikasi faktor risikonya ovarium, meliputi: 

    • Usia – khusus wanita yang sudah menopause 
    • merokok 
    • Obesitas 
    • Tidak memiliki anak atau tidak menyusui (Namun, menggunakan pil KB tampaknya untuk menurunkan risiko) 
    • mengkonsumsi obat kesuburan (seperti Clomid) 
    • Terapi penggantiahormon 

    Terdapat riwayat keluarga dengan tumor/kanker ovarium, payudara, atau kanker kolorektal (adanya gen BRCA dapat meningkatkan risiko) 

    Seringkali, kista ovarium tidak menimbulkan gejala apapun. Anda mungkin tidak menyadari Anda memiliki kista ovarium hingga mengunjungi dokter untuk pemeriksaan panggul rutin. kista ovarium bisa menyebabkan masalah jika mereka memelintir (memutar/torsio), berdarah, atau pecah. 

    Jika Anda memiliki salah satu dari gejala di bawah ini, penting untuk segera diperiksa. Itu karena hal tersebut dapat menjadi gejala dari tumor ovarium juga. Kanker (tumor ganas) ovarium sering menyebar sebelum terdeteksi. 

    Gejala kista ovarium dan tumor ovarium meliputi: 

    • Nyeri atau kembung di perut 
    •  Kesulitan kencing, atau sering buang air kecil 
    •  sakit yang tak jelas di punggung bawah 
    • Nyeri selama hubungan seksual 
    •  Nyeri dan perdarahan yang abnormal selama menstruasi dan /atau di luar siklus menstruasi 
    •  Berat badan terus menurun 
    •  Mual atau muntah 
    •  Kehilangan nafsu makan, perut merasa penuh dengan cepat 

    Dokter kandungan / ginekolog atau dokter umum mungkin merasakan benjolan saat melakukan pemeriksaan panggul rutin. Kebanyakan pertumbuhan ovarium adalah jinak. Tetapi sejumlah kecil dapat bersifat kanker. Itulah mengapa penting untuk memeriksakan panggul secara rutin. Khususnya wanita menopause harus mendapatkan pemeriksaan rutin karena mereka menghadapi risiko lebih tinggi terkena kanker ovarium. 

    Tes mencari kista ovarium atau tumor meliputi: 

    Tes ini menggunakan gelombang ultrasuara untuk membuat gambar dari ovarium. Gambar membantu dokter menentukan ukuran dan lokasi kista atau tumor. 

    Tes pencitraan lain. Computed tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), dan tomografi emisi positron (PET) adalah scan pencitraan yang sangat rinci. Dokter dapat menggunakannya untuk menemukan tumor ovarium dan melihat apakah dan seberapa jauh mereka telah menyebar. 

    Kadar hormon. Dokter mungkin melakukan tes darah untuk memeriksa kadar beberapa hormon. Ini dapat meliputi pemeriksaan luteinizing hormone (LH), follicle stimulating hormone (FSH), estradiol, dan testosteron. 

    Ini adalah prosedur bedah yang digunakan untuk mengobati kista ovarium. Menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam perut. Selama operasi ini, ahli bedah dapat menemukan kista atau tumor dan mungkin mengambil sepotong jaringan kecil (biopsi) untuk diperiksa di bawah mikroskop. 

    CA-125. Jika menurut dokter pertumbuhan tumor ini adalah suatu kanker, dokter akan mengusulkan tes darah untuk mencari protein yang disebut CA-125. Tingkat protein ini cenderung lebih tinggi di beberapa wanita dengan kanker ovarium (namun bukan sebagai patokan). Tes ini terutama digunakan pada wanita di atas usia 35 ntahun, yang berisiko sedikit lebih tinggi untuk mengalami kanker ovarium. 

    Jika diagnosisnya merupakan kanker ovarium, dokter akan menggunakan hasil tes diagnostik untuk menentukan apakah kanker telah menyebar di luar ovarium. Jika memang kanker, dokter juga akan menggunakan hasil untuk menentukan seberapa jauh ia telah menyebar. Prosedur diagnostik ini disebut penentuan stadium. Hal ini membantu dokter merencanakan perawatan. 

    Kebanyakan kista ovarium akan sembuh sendiri. Jika Anda tidak memiliki gejala yang mengganggu, terutama jika Anda belum menopause, dokter mungkin menganjurkan ”menunggu namunt etap waspada. ” Dokter tidak akan melakukan pembedahan, terutama bila ukuran kista masih dirasa cukup kecil untuk diangkat. Tapi dokter akan memeriksa setiap satu sampai tiga bulan untuk melihat apakah telah ada perubahan dalam kista. 



    Pil KB mungkin mengurangi rasa sakit dari kista ovarium. Pil KB mencegah ovulasi, yang mengurangi kemungkinan bahwa kista baru akan terbentuk. 



    Operasi merupakan pilihan jika kista tidak sembuh, tumbuh semakin besar, atau menyebabkan pasien menderita. Ada dua jenis operasi: 



    Laparoskopi menggunakan sayatan sangat kecil, instrumen seperti teleskop-dengan senter. Instrumen dimasukkan ke dalam perut untuk menghapus kista. Teknik ini dapat dilakukan untuk kista kecil. 

    Laparotomi melibatkan sayatan besar di perut. Dokter lebih memilih teknik ini untuk kista lebih besar dan tumor ovarium. Jika pertumbuhan adalah kanker, ahli bedah akan mengambil tumor sebanyak mungkin. Ini disebut debulking. Tergantung pada seberapa jauh kanker telah menyebar, dokter bedah juga dapat mengambil ovarium, rahim, saluran telur, omentum (jaringan lemak yang menutupi usus) dan kelenjar getah bening di dekatnya 

    Pengobatan lain untuk tumor ovarium kanker meliputi: 

    • Kemoterapi – obat yang diberikan melalui vena (IV), dengan mulut, atau langsung ke dalam perut untuk membunuh sel-sel kanker. Karena mereka membunuh sel normal maupun yang kanker, kemoterapi memiliki efek samping, termasuk mual dan muntah, rambut rontok, kerusakan ginjal, dan peningkatan risiko infeksi. Efek samping ini akan pergi setelah pengobatan dilakukan. 
    • Radiasi – X-ray energi tinggi yang membunuh atau mengecilkan sel kanker. Radiasi baik dikirim dari luar tubuh, atau ditempatkan dalam tubuh dekat lokasi tumor. Perawatan ini juga dapat menyebabkan efek samping, termasuk kulit merah, mual, diare, dan kelelahan. Radiasi tidak sering digunakan untuk kanker ovarium. 
    • Operasi, kemoterapi, dan radiasi dapat diberikan secara individu atau bersama-sama. Jika itu terjadi, Anda akan perlu memiliki lebih operasi, kadang-kadang dikombinasikan dengan kemoterapi atau radiasi.
    baca juga tips sehat lainya di sini >>

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    About Me